KPU Ingatkan Soal Laporan Dana Kampanye

Graphic1PURWOREJO-KPU Kabupaten Purworejo kembali mengingatkan masalah Laporan Dana Kampanye (LDK) partai politik peserta Pemilu di Purworejo. Peserta Pemilu diwajibkan menyerahkan LDK periode II paling lambat hari Minggu (2/3) pukul 18.00 WIB. Bila tidak menyerahkan LDK tahap II maka sanksinya cukup berat.

“Sesuai Pasal 138 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, peserta Pemilu yang tidak menyampaikan LDK hingga batas akhir waktu yang ditentukan maka peserta tersebut akan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta Pemilu tahun 2014 di wilayah yang bersangkutan,” ujar Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim saat mengadakan Rakor dengan parpol masalah LDK dan Pemungutan dan Penghitungan Suara di Gedug PKK Purworejo, Kamis (27/3).

Menurut Dulrokhim, sebelumnnya KPU juga mengadakan rakor dengan parpol membahas teknis pembuatan LDK di aula KPU Purworejo Rabu 12 Februari 2014. Tak hanya itu KPU juga menyiapkan helpdesk soal pelaporan dana kampanye terjadwal untuk parpol seandainya parpol membutuhkan bimbingan. Bahkan KPU sempat mendatangi empat parpol pengundang untuk membantu cara pengisian LDK.

“Kami berharap seluruh peserta Pemilu di Purworejo bisa mengikuti Pemilu, tidak ada yang dibatalkan hanya gara-gara tidak membuat LDK. Untuk itu saya mewanti-wanti, LDK peserta Pemilu untuk secepatya diserahkan ke KPU tak harus menunggu batas akhir. Semakin cepat semakin baik,” imbuh Dulrokhim. Dulrokhim merincikan, adapun LDK yang wajib diserahkan ke KPU yakni berupa laporan penerimaan sumbangan dana kampanye Parpol Periode II, Laporan pembukaan rekening khusus (reksus) dana kampanye Parpol, dan Laporan awal dana kampanye parpol.

Dalam rakor tersebut, penyampaian materi soal LDK secara lebih detail diberikan oleh Divisi Hukum dan Kampanye Widya Astuti M.Par, untuk materi Pemungutan dan Penghitungan Suara disampaikan oleh Divisi Tungsura Akmaliyah, SPd.I, dan rencana Kirab/Karnaval Parpol disampaikan Divisi Sosialisasi Purnomosidi S.Pt.(Dr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: