Maskot Pemilu, Kora turun sosialisasikan Pileg

Graphic1PURWOREJO–Target capaian 75 % partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) 9 April 2014 menjadi tantangan bagi KPU Purworejo. Bukan pekerjaan mudah untuk menyakinkan masyarakat ditengah ketidakpercayaan masyarakat terhadap para caleg yang akan bertarung. Namun hal itu tidak mematahkan semangat KPU Purworejo untuk terus melakukan sosialisasi.

Pelaksanaan Car Free Day yang menjadi agenda rutin Pemkab Puworejo untuk membebaskan kawasan Alun-Alun Purworejo setiap hari minggu menjadi media bagi KPU untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan Pileg sebentar lagi akan digelar. Menurunkan boneka maskot Pemilu 2014, Kora (singkatan dari kotak suara-red), KPU menyapa masyarakat yang tengah menikmati udara segar di Minggu (23/2) pagi di seputar Alun-Alun Purworejo.

Kemunculan Kora ditengah masyarakat seolah menjadi obat dahaga akan bentuk hiburan bagi masyarakat. Mereka menyempatkan diri untuk mengabadikan gambar bersama Kora. “Bonekanya lucu banget, apalagi pas goyang-goyang ikut hiburan dari panggung di depan pendopo itu,” kata Sukesi (38) warga Brengkelan, Purworejo yang datang ke acara CFD bersama teman-temannya.

Menurut Sukesi, awalnya dirinya tidak paham maksud dari boneka tersebut. Dirinya mengaku tidak paham bahwa boneka itu merupakan maskot dari Pemilu 2014. “Saya tahunya itu hanya sekedar hiburan saja, tapi setelah ada orang lain yang membagikan brosur mengenai teknis mencoblos, saya baru ngeh kalau itu maskotnya Pemilu,” katanya.

Meskipun belum paham keberadan maskot, namun Sukesi paham bahwa pelaksanaan pileg akan dilaksanakan tanggal 9 April mendatang. “Kalau mencoblos saya selalu ikut kok. Mudah-mudahan pilihan saya benar,” imbuhnya

Sementara itu, Purnomosido SPt, Anggota KPU Purworejo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan Antar Lembaga mengatakan keberadaan maskot di ajang CFD memang dimaksudkan untuk mengajak masyarakat mensukseskan Pileg nanti. Keberadaan boneka diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.

“Seperti kita tahu, minat masyarakat Purworejo untuk mengikuti pemilihan cenderung menurun. Sebagai contoh dalam pilgub kemarin, partisipasinya hanya 58 persen. Diharapkan dalam pileg ini bisa meningkat dan memenuhi target KPU Purworejo sebanyak 75% dari total DPT yang ada,” kata Purnomosidi.

Purnomosidi menambahkan, sebagian masyarakat menyambut antusias keberadan Tora. Namun dirinya mengakui masih ada kalangan muda yang enggan untuk mendekati boneka dan bahkan menolak saat diberikan selebaran yang dibagikan.

“Kalangan muda memang masih ada yang menolak, tapi kami yakin mereka nantinya akan menjadi salah satu masyarakat yang ikut memberikan partisipasi dalam Pileg,” imbuh Purnomosidi optimis. (baj, Foto Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: