Anak Muda, Cerdas Berdemokrasi

Graphic1Purworejo. Sabtu, 15 Februari 2014, dalam suasana penuh debu akibat dampak meletusnya Gunung Kelud, KPU Kabupaten Purworejo mengadakan sosialisasi pemilu 9 April 2014 kepada seluruh siswa kelas 3 di SMA Negeri 9 Purworejo. Tema yang diangkat dalam sosialisasi tersebut adalah “Anak Muda, Cerdas Berdemokrasi”. Acara dilaksanakan disalah satu ruangan sekolah dan dihadiri kurang lebih 80 siswa. Kehadiran KPU disambut hangat oleh wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Muh Kuntoaji, S.Pd, M.Pd.BI yang selama ini menjadi penghubung antara pihak KPU dan SMA 9. Di awal acara sosialisasi, Kepala Sekolah SMA 9 Purworejo Nur Azis, S.Pd, M.Pd.B.I menyambut KPU dengan mengucapkan selamat datang serta berterima kasih atas kehadiran tim dari KPU serta dilanjutkan dengan sedikit sambutan. Acara kemudian langsung diserahkan kepada KPU untuk sepenuhnya dimanfaatkan untuk memberi wawasan kepemiluan kepada siswa peserta yang hadir. Pemaparan materi oleh KPU disampaikan oleh dua anggota KPU Kabupaten Purworejo, Purnomosidi, S.Pt dan Suwardiyo, S.Pd.

Selain dua anggota KPU, dalam acara tersebut hadir pula 2 anggota relawan demokrasi yaitu saudara Lucky dan Joko, yang juga didampingi oleh anggota PPK Kecamatan Purwodadi yakni saudara Rahman atau yang sering dipanggil Nanang. Kehadiran anggota KPU sendiri didampingi oleh 2 staf KPU yang ikut membantu kelancaran acara tersebut khususnya persiapan, dokumentasi dan simulasi.

Materi yang disampaikan Purnomosidi selaku Divisi Sosialisasi antara lain tentang arti penting pemilu, pemilu legislatif, peserta pemilu dan apa saja tugas dan kewenangan DPR/DPRD. Lebih lanjut dia menyerukan kepada siswa yang hadir, “ Pemilu adalah hak kita yang dijamin Undang-Undang, dan kita sebagai generasi muda hendaknya menggunakan hak pilih sebagai wujud tanggungjawab, pastikan kita terdaftar dan datang ke TPS pada tanggal 9 April nanti”. Dalam rangka menumbuhkan gerakan anti golput kepada siswa, Purnomosidi juga menyerukan pekik “ SAY NO TO GOLPUT !” yang dijawab “YES!”, menjadi patriot demokrasi sungguh merupakan kebanggaan, karena dengan semangat dan gelora kaum muda anda mendapat tempat istimewa untuk menggunakan hak suara untuk memilih pemimpin masa depan secara cerdas” imbuhnya.

Berbeda dengan materi pertama, materi yang disampaikan oleh Suwardiyo selaku Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, lebih fokus pada materi, apa itu pemilih, bagaimana kita tahu kita sudah disebut pemilih, surat suara, bagaimana cara kita menggunakan hak pilih dan yang terkakhir simulasi. “ Jika anda sudah 17 tahun pada bulan April 2014 tertanggal sebelum hari H, anda sudah seharusnya terdaftar sebagai pemilih” kata Suwardiyo. Lebih lanjut dikatakan bahwa siswa bisa mengecek apakah dirinya sudah terdaftar atau belum jika didalam DPT sudah tercatat dengan melihat didalam web kpu.go.id dan klik kotak Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2014 di sebelah kanan layar. Pada kesempatan tersebut juga diadakan simulasi pengecekan daftar pemilih tetap kepada siswa dengan meminta siswa secara acak apakah siswa tersebut sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Suasana sungguh menarik, karena diluar dugaan para siswa sangat antusias dan ingin tahu apakah sudah terdaftar. Mereka yang awalnya malu-malu akhirnya maju satu persatu langsung menanyakan ke operator sambil minta dicek apakah sudah terdaftar. Suasana tambah menarik karena pengecekan langsung dapat terlihat dilayar LCD yang tentu semua yang hadir langsung melihat.

Setelah acara simulasi pengecekan siswa sebagai pemilih, dilanjutkan dengan simulasi pencoblosan. Pada saat itu KPU sengaja menyiapkan alat peraga pencoblosan baik itu kotak suara, bilik suara, alat coblos, bantalan dan juga surat suara simulasi. Ada 10 siswa yang maju kedepan mewakili kelas untuk mencoba cara mencoblos. Dan setelah mencoblos, surat suara dicek sambil dihadapkan ke siswa yang hadir, apakah surat suara yang mereka coblos sudah benar dan sah, dan dari kesepuluh siswa yang maju kedepan, semuanya mencoblos dan surat suara yang mereka coblos adalah benar dan sah. (Pur, Hupmas)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: