Lagi, Rakor KPU dengan 25 Relasi

Graphic1Purworejo-KPU Kabupaten Purworejo menyelenggarakan rapat koordinasi  (rakor) dengan 25 relawan demokrasi (relasi), Senin, 3 Februari 2014 bertempat di ruang aula KPU. Rakor yang dipimpin langsung oleh Purnomosidi, S.Pt selaku Divisi Sosialisasi KPU Purworejo, didampingi oleh Bambang Purwahyudi, SH selaku Kasubag  Teknis dan Hupmas dan Rani Sakunti Dewi, SE selaku staf KPU tersebut membahas tentang perencanaan kegiatan relasi, sinkronisasi kegiatan, alur kegiatan dan administrasi, evaluasi kinerja serta review prinsip-prinsip relasi dalam perannya sebagai mitra KPU.

Rakor tersebut merupakan kegiatan rutin relasi dan KPU sebagai bagian dari evaluasi bulanan serta upgrading kinerja relasi di lapangan. Hal ini juga berkaitan dengan adanya perubahan struktur anggaran yang ada dalam RKAKL 2014 khususnya tentang keberadaan relasi mulai Januari 2014, dan juga berkaitan dengan pola hubungan antara KPU dengan relasi. Selain itu perlunya evaluasi pola kerja antara PPK, PPS  terutama dalam operasi lapangan yang selama ini menjadi fokus kegiatan setiap relasi yaitu segmen kelompok pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok marginal dan disabilitas. “Relasi dalam hal ini keberadaanya bukan sebagai ujung tombak kegiatan sosialisasi KPU namun dasar kehadirannya adalah untuk membantu KPU, tepatnya menjadi mitra KPU dalam melakukan sosialisasi pada wilayah yang selama ini dianggap tidak terjangkau oleh KPU” terang Purnomosidi. Selain itu Relasi diharapkan mampu melakukan kegiatan yang berujung pada gerakan moral atau gerakan sosial dalam kapasitasnya selaku pioneer demokrasi. Sehingga sebagai pioneer demokrasi mampu bersinergi dengan badan penyelenggara baik di tingkat kecamatan (PPK) maupun PPS ditingkat desa.

Ditambahkan oleh Purnomosidi secara khusus dalam acara rakor tersebut ditegaskan bahwa tujuan utama yang menjadi prinsip hadirnya relasi adalah yang pertama meningkatkan kesadaran pemilih dan yang kedua adalah mendorong meningkatnya kualitas pemilu. Dua prinsip inilah yang kemudian menjadi ukuran arah pergerakan relasi di kelima segmen tersebut.  Meski demikian yang tidak kalah pentingnya adalah pembahasan tentang perencanaan kegiatan setiap relasi, alur kegiatan serta pertanggungjawaban administrasi. Mengingat dalam bulan Januari banyak ditemukan hal-hal yang masih belum sepenuhnya berjalan dengan baik khususnya berkaitan dengan perencanaan dan alur kegiatan, maka relasi diajak secara seksama menyamakan gerak antara gerak perencanaan, gerak lapangan dan gerak administratif pelaporannya. “Hal ini penting mengingat relasi dalam prakteknya selalu berkaitan dengan penggunaan anggaran yang dikelola sekretariat KPU, sehingga harapannya gerak relasi di lapangan tidak terganggu dengan urusan administrasi demikian pula dengan staf KPU khususnya bagian keuangan berkait dengan semakin intensifnya kegiatan relasi di tingkat lapangan. Jadi sinkronisasi ini menjadi sangat penting pembahasannya karena kesepahaman ini jika tidak dievaluasi dan dicari jalan keluarnya akan mengganggu kerja-kerja sosialisasi secara umum, baik kerja lapangan disemua level penyelenggara, sekretariat maupun KPU sendiri” imbuhnya.

Rakor berlangsung kurang lebih 2 jam dan berhasil menuangkan kesepakatan antara KPU, Relasi, dan pihak staf KPU. Harapannya dengan kesepahaman ini keberlangsungan sosialisasi KPU melalu agen sosialisasi dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif. Setidaknya demikian seterusnya evaluasi akan dilakukan guna perbaikan kerja dan efektifitas kegiatan pada bulan berikutnya. Dan memang seharusnya seperti itulah gerak sebuah organisasi, selalu melakukan koreksi atas apa yang sudah dilakukan untuk menemukan energi baru, melangkah bersama mendekati tujuan yang hendak dicapai. (Pur.Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: