Bintek KPU kepada 25 Relawan Demokrasi

Graphic1PURWOREJO. Dalam rangka mendongkrak angka partisipasi pemilih dan mengembangkan metode sosialisasi yang lebih komprehensif, Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo pada tanggal 16 Januari 2014 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Kepemiluan Pendidikan pemilih Pemilu 2014 yang bertempat di Hotel Ganesha Purworejo. Bimbingan teknis (Bintek) tersebut mengundang 25 anggota relawan demokrasi dan 16 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bidang sosialisasi.

KPU sengaja mengundang relawan demokrasi dan PPK bidang sosialisasi karena kedua unsur ini merupakan mitra KPU yang secara langsung berhubungan dengan kerja-kerja di lapangan dalam mengajak pemilih untuk turut serta menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2014 mendatang. Selain itu bintek dilakukan dalam kerangka untuk menguatkan koordinasi, memantapkan metodologi pengorganisasian dan menegaskan aspek keterpaduan gerak di lapangan yang berkaitan sosialisasi pemilu.

Bintek dimulai pada pukul 9.30 WIB, dibuka oleh Ketua KPU Drs. Dulrokhim, dilanjutkan dengan materi pokok yang disampaikan oleh Purnomosidi, S.Pt, anggota KPU Divisi Sosialisasi. Dalam sambutannya Ketua KPU, memberikan apresiasi yang tinggi dengan adanya kegiatan bintek relawan demokrasi tersebut, dan berharap melalui kegiatan bimbingan teknis kepemiluan ini, relawan demokrasi secara nyata dapat mewujudkan peningkatan angka partisipasi pemilih dalam pemilu 2014 sesuai dengan maksud dan tujuan keberadaan relawan demokrasi itu sendiri

Sementara itu, Purnomosidi, S.Pt selaku pemandu acara bimbingan teknis bagi relawan demokrasi mengajak agen-agen sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman kepemiluan dengan memahami semua materi dan tahapan pemilu secara memadai sehingga kehadiran relawan demokrasi dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat pemilih, khususnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan pemilu. Dalam materi lain Purnomosidi juga mengajak relawan demokrasi dan PPK untuk secara proaktif mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2014 secara bijaksana dan cerdas. Ditegaskan pula bahwa banyak cara dan metode yang bisa digunakan oleh relawan demokrasi dalam rangka usaha meningkatkan partisipasi pemilih, “yang penting dalam prakteknya harus selalu melakukan koordinasi secara intens, karena saat ini harus diakui bahwa upaya sosialisasi pemilu sedang berhadapan dengan apatisme masyarakat”, pungkasnya.

Di akhir kegiatan, KPU Kabupaten Purworejo sangat berharap bahwa dengan koordinasi kelembagaan penopang agen sosialisasi yang sistematis, penguatan metode pendekatan dan keterpaduan gerak lapangan yang lebih fokus dan intensif, maka keberadaan relawan demokrasi dan PPK bidang sosialisasi khususnya akan mampu mempengaruhi angka partisipasi pemilih menjadi lebih baik dari tahun pemilu sebelumnya. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: