KPU Tetapkan DPT Hasil Penyempurnaan 626.179

Graphic1PURWOREJO – KPU Purworejo menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil penyempurnaan pada Rapat Koordinasi Penyerahan Hasil Penyempurnaan DPT di aula KPU Purworejo Sabtu (18/1). Rapat Koordinasi tersebut dihadiri Panwaslu Kabupaten Purworejo dan perwakilan Partai Politik di Purworejo.

Dalam penyempurnaan DPT tersebut, ditetapkan jumlah DPT terkini menjadi 626.179 atau berkurang 2.333 dari DPT akhir yang sudah ditetapkan pada 30 November 2013 sejumlah 628.512.

Menurut Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, penyempurnaan DPT tersebut atas intruksi dari KPU dengan SE Nomor 838/KPU/XII/2013 tentang Penyempurnaan DPT dan SE KPU Nomor 858/KPU/XII/2013 tentang Revisi Jadwal KPU.

“Berkurangnya pemilih dalam DPT karena berbagai hal. Diantaranya karena ada pemilih meninggal dunia, alih status menjadi TNI/Polri, dan pindah domisili,” ujar Dulrokhim.

Dulrokhim menambahkan, dari DPT yang sudah disempurnakan tersebut, masih menyisakan 34 pemilih yang hingga kini NIK-nya kosong. Ke-34 pemilih yang tidak ber-NIK itu berada di Lapas Anak Kutoarjo sejumlah 30, dan di Rutan Purworejo sebanyak 4.

“Ke-34 pemilih yang tidak ber-NIK itu permasalahannya bukan warga Purworejo. Sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak berani memberikan NIK. Kami disarankan agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jateng untuk melengkapi NIK yang masih kosong tersebut,” imbuh Dulrokhim.

Dulrokhim berharap, penyempurnaan DPT tersebut untuk yang terakhir kalinya, agar jumlah DPT tidak berubah-ubah terus. Untuk pemilih yang belum masuk dalam DPS, DPSHP, dan DPT bila benar-benar warga Purworejo masih bisa menggunakan hak pilihnya pada 9 April mendatang. Pemilih tersebut akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) sampai tanggal 25 Maret dengan mendaftarkan diri di PPS.

Sedang pemilih yang karena sesuatu hal tidak bisa memilih di TPS yang bersangkutan bisa memilih di TPS lain dan masuk DP Tambahan namun pendaftarannya di TPS tempat ia memilih harus didaftarkan minimal tiga hari sebelum hari pemungutan suara. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: