PEMILIH CERDAS WUJUDKAN PEMILU BERKUALITAS

bu akmalArtikel oleh: Akmaliyah, S. Pd. I.
(Divisi Pemantauan, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Data dan Informasi, KPU Kabupaten Purworejo).

Pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 9 April 2014 tinggal menghitung hari. Dalam Pemilu kali ini ada 12 Partai Politik Nasional yang menjadi peserta Pemilu dengan keseluruhan caleg yang berjumlah 11 ribu caleg dari semua partai. Di Kabupaten Purworejo sendiri ada 484 orang calon legislatif yang akan memperebutkan 45 kursi DPRD Kabupaten Purworejo. Para caleg itulah yang nantinya akan menjadi wakil rakyat di legislatif dan menentukan masa depan rakyat lima tahun ke depan. Kita tentu berharap Pemilu 9 April mendatang akan menghasilkan wakil-wakil dan pemimpin rakyat yang berkualitas, yang benar-benar bekerja untuk kepentingan Negara dan rakyatnya di atas kepentingan yang lainnya, juga menghasilkan wakil rakyat yang benar-benar menyuarakan aspirasi rakyat.

Untuk mewujudkan harapan itu, sangat dibutuhkan kecermatan, kejujuran, dan kecerdasan dari rakyat sebagai pemilih sekaligus penentu utama dalam pesta demokrasi yang akan datang. Untuk itulah menjadi sangat penting bagi kita agar kita menjadi pemilih yang cerdas dan cerdas memilih dalam Pemilu 9 April mendatang. Bagaimana memilih dengan cerdas dan berkualitas? Untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas, pemilih harus menggunakan hak pilihnya dengan cerdas. Memilih dengan cerdas, berarti memilih dengan menggunakan akal sehat dan hati nurani. Memilih dengan akal sehat, berarti kita memilih dengan menggunakan penilaian yang objektif, tanpa dipengaruhi oleh faktor uang, hubungan kekerabatan, suku, daerah, agama, dll. Memilih dengan hati nurani, berarti kita harus melihat dengan hati nurani kita, siapa sebenarnya calon yang akan kita pilih, bagaimana kualitas moralnya, kualitas intelektualnya, dan keterampilan profesional yang dimilikinya. Ada empat cara memilih dengan cerdas dan berkualitas yaitu: kenali calonnya, ketahui visi misi dan programnya, pastikan pilihannya, dan awasi kinerjanya.

Kecermatan dan kecerdasan pemilih dalam Pemilu merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menentukan pilihan. Kesalahan menilai caleg, visi, misi, dan program-program para caleg akan menimbulkan kesalahan dalam menentuan pilihan. Kesalahan menentukan pilihan akan mengakibatkan terpilihnya orang-orang yang tidak tepat untuk mengemban amanat rakyat. Kesadaran pemilih tentang perlunya mencermati secara cerdas para caleg, menjadi kunci utama terpilihnya para wakil rakyat dan pemimpin pemerintahan yang benar-benar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

Kesadaran inilah yang seharusnya terus dibangun oleh para pemilih dan masyarakat, sehingga Pemilu sebagai instrumen pelaksanaan demokrasi benar-benar bermakna bagi perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu kesadaran kritis yang perlu dimiliki, bahwa Pemilu adalah persoalan penentuan orang yang akan menentukan nasibnya. Tanpa bekerjanya prinsip- prinsip demokrasi maka Pemilu sama saja dengan ‘buang-buang uang’ untuk sesuatu yang tidak bermakna.

Selain itu rakyat juga harus mencermati kapasitas, integritas, moralitas, kualitas, dan profesionalismenya. Bukan menjadi pemilih yang Pragmatis dengan modal ‘Wani piro?’ atau ‘No Money No Choice’. Untuk mewujudkan kualitas Pemilu, rakyat harus jujur menilai segala yang perlu dinilai. Rakyat dan suaranya tidak boleh terbeli oleh popularitas, uang, serta berbagai manipulasi politik lainnya. Selain itu rakyat juga harus ikut mengawasi berlangsungnya proses Pemilu. Karena bagaimanapun juga, Pemilu adalah pesta demokrasi kita, pesta rakyat, pesta demokrasi yang harus berjalan demokratis dengan berlandaskan pada asas demokrasi: dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dari Pemilu yang berkualitas akan menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: