KPU Sosialisasi Pemilu ke para siswa SMK PN

Graphic1Purworejo-KPU Kabupaten Purworejo melakukan sosialisasi Pemilu ke para siswa SMK PN Purworejo yang menjadi pemilih pemula, Senin (30/12). Materi disampaikan oleh Ketua KPU Purworejo Drs. Dulrokhim.

Menurut Dulrokhim, Pemilu merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Pemerintahan Negara terbentuk melalui Pemilu adalah berasal dari rakyat dijalankan sesuai kehendak rakyat yang diabdikan untuk kesejahteraan rakyat. Karena pemerintah tidak bisa bertindak apa pun mengenai Negara tanpa persetujuan rakyat. Oleh sebab itu ada DPR dan MPR yang mewakili rakyat.

“Pemilu 9 April 2014 mendatang merupakan bentuk demokrasi langsung. Bertujuan untuk memilih pemimpin yang akan duduk di dalam lembaga permusyawaratan rakyat, guna membentuk pemerintahan menjadi lebih baik dari sebelumnnya,” ujar Dulrokhim.

Kehadiran pemilih pemula ke TPS sangat penting, karena akan meningkatkan partisipasi pemilih dan demi suksesnya Pemilu.

“Dari Pemilu ke Pemilu di Purworejo tingkat partisipasi pemilih cenderung menurun. Pemilu 2004 prosentase kehadiran pemilih 85.24 persen, Pemilu 2009 turun menjadi 67.90, sedang pada Pilgub Jateng 2013 hanya 58.52 persen. Kehadiran pemilih Pemula diharapkan akan mendongkrak patisipasi pemilih ke TPS,” ujarnya.

Dulrokhim juga berpesan kepada para siswa agar memilih berdasarkan hati nurani.

“Pilihlah calon pemimpin yang dikenal dengan baik, berkualitas, jujur dan adil, serta yang memperjuangkan nasib rakyat. Jangan tergiur oleh budaya politik uang,” imbuh Dulrokhim. (Hupmas)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: