Sosialisasi bertajuk Peran Perempuan Menuju Pemilu Legislatif 2014

Graphic1Purworejo, Jumat 13 Desember 2013, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan Pengurus Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Purworejo mengadakan sosialisasi pemilu 2014 bertempat di Aula gedung PKK Purworejo. Acara yang bertajuk “Peran Perempuan Menuju Pemilu 2014” tersebut dihadiri oleh 100 orang kader PKK yang berasal dari pengurus PKK tingkat kecamatan se Kabupaten Purworejo. Maksud diadakannya kegiatan sosialisasi ini agar informasi tentang pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014 dapat sampai kepada masyarakat melalui peran penggerak PKK sampai ke tingkat desa bahkan RT.

Dalam kesempatan tersebut KPU Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Purnomosidi selaku Divisi Sosialisasi mengingatkan kepada seluruh jajaran pengurus PKK baik dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa bahwa pelaksanaan pemilu legislatif sudah dekat, dan dalam peristiwa politik pemilu itu, kaum perempuan memegang peran strategis  yaitu sebagai agen informasi pemilu ditengah masyarakat dan juga mempunyai peluang sebagai calon pemimpin melalui pemilu.

 “Ada dua posisi politik penting yang sekarang dimiliki oleh kaum perempuan, yang pertama adalah bahwa tanpa memperhatikan keterlibatan 30% kaum perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat pusat, partai tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu” Kata Purnomosidi.

Sedang posisi kedua lanjut Purnomosidi, dalam pencalonan jika  partai tidak menempatkan perempuan sekurang-kurangnya 30% dalam Daftar Calon Tetap (DCT) maka partai tersebut urung jadi peserta dalam Daerah Pemilihan (Dapil) tertentu.

“Maka ruang politik bagi kaum perempuan dalam pemilu 2014 sangat terbuka dan mendapat tempat istimewa, sayangnya kadang kaum perempuan sendiri yang belum sepenuhnya siap, karena kader perempuan justru ikut pencalegan hanya untuk memenuhi kuota. Oleh karena itu organisasi perempuan harus berbenah dan bergerak menyongsong keterbukaan partisipasi politik ini,” Tambahnya

Dalam acara tersebut KPU juga mengingatkan kepada peserta yang hadir, agar menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijaksana. Pilih calon pemimpin yang berkualitas dan berkarakter, setidaknya produk pemilu sekarang harus lebih baik dari pemilu sebelumnya.

Acara bertambah hangat ketika dibuka ruang tanya jawab, peserta antusias bertanya seputar cara pencoblosan, cara penghitungan untuk memilih calon legislatif, surat suara yang akan digunakan, apatisme politik dan politik uang. Anggota KPU, Purnomosidi diakhir acara menyatakan bahwa “saat ini bangsa kita sedang mengalami kebangkrutan moral dan etika, maka sebagai pendidik anak-anak bangsa, kaum ibu mesti siap untuk menjadi penggerak dan pelopor menuju kebangkitan moral dan etika.“ (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: