PEMILOS SMKN 1 Hasil Kerjasama dengan KPU Purworejo

Graphic1PURWOREJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan OSIS SMK Negeri 1 Purworejo menyelenggarakan PEMILOS (Pemilihan Ketua OSIS) bertempat di gedung aula SMKN 1 Purworejo Jumat (29/11). Sebanyak 1.080 pelajar yang terdiri siswa kelas 10,11 dan 12 menggunakan hak pilihnya untuk memilih Ketua Osis periode 2013-2014.

Setelah penghitungan suara, Iqbal Agung Hidayat akhirnya terpilih sebagai ketua OSIS SMKN 1, setelah mengalahkan 4 kandidat lain dengan perolehan 329 suara. Adapun perolehan suara berikutnya adalah Nurhadi Setiawan 251 suara, Nita Khanifah 209 suara, Yasin Alriyadi 97 suara, dan Achmad Fauzi 84 suara. 

Pemilos SMKN 1 Purworejo didesain sedemikian rupa sehingga pelaksanaannya mirip dengan pemilu, baik dari tatacara pemungutan, tata letak perlengkapan pemungutan suara, dan tata cara penghitungan suara. Bahkan setiap siswa yang sudah menggunakan hak pilihnya ditandai dengan mencelupkan jari kelingkingnya pada tinta yang sudah disediakan panitia. Jadi persis seperti pemilu yang diselenggarakan oleh KPU.

Komisioner KPU Purworejo Divisi Sosialisasi-Purnomosidi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya KPU Kabupaten Purworejo dalam mengenalkan proses demokrasi dan pemilu dalam bingkai pemilihan Ketua Osis. Sehingga kesadaran akan pentingya demokrasi dalam prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud nyata dalam kehidupan di dalam sekolah mereka. Selain itu siswa SMKN 1 yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilu 2014 mempunyai gambaran jelas tentang tata cara pencoblosan surat suara.

 “Kami berharap momentum seperti ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan. KPU Kabupaten Purworejo akan mencoba mengajak berbagai pihak yang berkompeten untuk merancang kegiatan pemilos ini menjadi agenda tahunan,” ujarnya. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: