KPU Kembali Melakukan Koordinasi dengan Relawan Demokrasi

Graphic1Purworejo, Jum’at 22 Nov 2013, KPU Kabupaten Purworejo melakukan koordinasi dengan relawan demokrasi (relasi) bertempat di aula KPU. Koordinasi tersebut merupakan pertama kali sejak relawan demokrasi mendapat pembekalan pada tanggal 13-14 November 2013 yang lalu di tempat yang sama. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk melakukan evaluasi hasil pemetaan dan temuan selama mereka  terjun ke  lapangan. Pemetaan dilakukan agar  diperoleh informasi penting dan akurasi data tentang penyelengggaraan pemilu dan peta sosial politik masyarakat di masing-masing wilayah garap. Seperti diketahui bahwa dari 15 relawan yang direkrut KPU, terbagi menjadi 5 wilayah garap, sehingga  masing-masing terdiri  3 orang  yang disesuaikan dengan wilayah dampingan masing-masing komisioner.

Evaluasi pemetaan dipimpin langsung oleh komisioner KPU Kab. Purworejo divisi sosialisasi Purnomosidi, S.Pt didampingi Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas Bambang Purwahyudi, SH. Dari hasil temuan dan penggalian informasi yang dilakukan relasi diperoleh beberapa informasi dan data diantaranya data pemilih pe-desa, data jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya di masing-masing desa, fakta-fakta yang mempengaruhi ketidakhadiran pemilih di tps dan peta dinamika sosial masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan 5 segmen pemilih yang menjadi sasaran relasi.

Relasi melakukan pemetaan dengan melakukan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan terlebih dahulu agar dalam melaksanakan tugas relasi langsung sinkron dan terjadi sinergisitas gerak dengan penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan. Purnomosidi menerangkan bahwa informasi yang cukup menonjol yang berhasil diperoleh oleh relasi adalah tingkat ketidakhadiran pemilih yang cukup tinggi di beberapa wilayah disebabkan oleh dua hal, yaitu banyaknya jumlah penduduk perantau yang terdata sebagai pemilih namun pada saat hari pencoblosan tidak pulang, yang kedua adalah karena faktor kegiatan ekonomi pada saat pencoblosan dimana sebagian besar lebih memilih bekerja (di pasar, ke lahan, maupun aktivitas ekonomi lain).

Dalam kesempatan terakhir, relasi masih diminta untuk terus memantau situasi dan terjun ke lapangan untuk menajamkan data dan informasi berkaitan dengan segmen pemilih dan akurasi data potensi masyarakat, karena selama 2 bulan dari bulan November dan Desember relasi lebih akan fokus pada penguatan data dan informasi di lapangan, sebagai bahan tindak lanjut di bulan Januari hingga bulan April tahun 2014 paparnya. Selain itu relasi diterjunkan untuk beerkoordinasi langsung dengan seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) baik negeri maupun swasta se-Kabupaten purworejo, dengan dibekali surat undangan bagi sekolah terkait agenda sosialisasi KPU Kab. Purworejo pada  tanggal 26-27 Nov di Hotel Sanjaya Inn bagi guru PKn dan pemilih pemula. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: