KPU Purworejo Beri Sosialisasi dan Asistensi Pelaporan Dana Kampanye ke Parpol

Graphic2PURWOREJO-KPU Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Sosialisasi dan Asistensi Pelaporan Dana Kampanye ke Parpol di Hotel Sanjaya Inn, Rabu (20/11). Sosialisasi dan Asistensi ini diikuti 10 Ketua dan Bendahara Parpol yakni Nasdem, PKB, PPP, PBB, Hanura, Gerindra, PAN, PDIP, Demokrat, dan Golkar. Sementara dua wakil dari PKS dan PKPI tak hadir di acara tersebut.

 Acara tersebut diisi oleh Anggota KPU Jateng Divisi Hukum Pengawasan Pencalonan dan Kampanye M. Hakim Junaedi, S.Ag, M.Ag dengan materi Pedoman Pelaporan dan Kampanye Peserta Pemilu sedang dari Anggota Ikatan Akuntansi Indonesia Jateng Agus Dewanto, SE, M.Si, Akt, CA memberikan materi Teknis Pelaporan Dana Kampanye.

 Sementara itu Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim mengatakan, tujuan sosialisasi dan asistensi ini untuk memberikan pelayanan dan fasilitasi kepada parpol peserta Pemilu, supaya penerimaan dan pengeluaran dana kampanye dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan prinsip legal, akuntabel, dan transparan.

 Menurut Dulrokhim, sesuai UU Nomor 8 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD pasal 129, kegiatan kampanye Pemilu didanai dan menjadi tanggung jawab Partai Politik Peserta Pemilu.Untuk itu pengurus Partai Politik wajib menyampaikan laporan awal dana kampanye dan rekening khusus serta penerimaan dan pengeluaran dana kampanye kepada KPU.

“Akuntabilitas dan transparansi telah menjadi kata kunci di hampir setiap sektor kehidupan berbangsa dewasa ini. Untuk mencapainya, dibutuhkan sebuah pelaporan yang baik, yang mencerminkan kondisi sebenarnya yang terjadi di setiap entitas. Di sisi lain, belum semua entitas mempunyai kemampuan membuat pelaporan secara benar dan akurat. Karena itu dibutuhkan pedoman teknis pelaporan yang mudah dipahami, namun tetap mampu menjamin transparansi dan akuntabilitas entitas,” ujar Dulrokhim.
Ditambahkan, accounting for society atau akuntansi untuk publik merupakan sumbangsih profesi akuntan bagi publik, yang akan berdampak pada kemaslahatan bangsa di masa depan.

 “Accounting for society pada dasarnya akan membantu dan menjadi pedoman bagi entitas yang ingin transparan yang berhubungan dengan kepentingan publik untuk mendukung kemajuan bangsa. Harapannya parpol dan para caleg untuk transparan dan terbuka,” ujarnya.

 Diimbuhkan, pada intinya, kejujuran dalam membuat laporan menjadi kunci pelaporan itu. Tanpa kejujuran, pedoman akuntansi sebaik apapun akan sia-sia. Sebab meskipun sistem sudah disiapkan, pencatatan laporan itu membutuhkan komitmen parpol sehingga amanah menjaga konstitusi bisa dijalankan dengan baik. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: