Rakor KPU, Satpol PP dan Panwaslu Kab. Purworejo tentang Eksekusi APK

Graphic2Purworejo, Selasa 19/11, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo melakukan rapat koordinasi dengan Satpol PP dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purworejo. Rapat di ruang Ketua KPU tersebut membahas tentang rencana eksekusi penertiban alat peraga kampanye (apk) Pemilu Legislatif 2014. Rapat dihadiri oleh dua anggota komisioner KPU, Dulrokhim, Purnomosidi dan komisioner Panwaslu Anung Sutadi serta Kepala Satpol PP Tri Joko Pranoto. Rapat koordinasi kali ini dilatarbelakangi masih banyaknya alat peraga kampanye yang melanggar aturan dalam PKPU 15/2013 dan Perbup 8/2013, padahal berdasarkan surat rekomendasi Panwaslu tertanggal 17 Oktober 2013, KPU sudah membuat surat tertanggal 1 November 2013, kepada ketua parpol untuk menertibkan apk yang tidak sesuai dengan peraturan KPU tersebut.

Pada rakor tersebut, Satpol PP akan memulai eksekusi penertiban apk, besok hari Kamis jam 9, terutama difokuskan pada daerah perkotaan. Pelaksanaan eksekusi rencananya akan didampingi oleh KPU dan Panwaslu Kab. Purworejo sebagai bentuk dukungan atas prinsip kampanye pemilu yaitu efisien, ramah lingkungan, akuntabel, nondiskriminasi dan tanpa kekerasan. Sebelum melakukan eksekusi KPU akan memberitahu ke seluruh peserta pemilu sesuai yang tertuang dalam pasal 17 ayat 4 PKPU 15/2013.

Selain itu dalam rakor tersebut juga dibahas tentang agenda penertiban zona kampanye yang berbasis desa, karena banyaknya pemasangan alat peraga yang masih ada di beberapa desa tanpa memperhatikan aturan yang berlaku. Hal ini tentu menjadi perhatian sehingga asas keadilan bagi setiap peserta pemilu terjamin, oleh karena itu satpol PP melalui trantib di masing-masing kecamatan akan segera melakukan koordinasi dengan PPK dan Panwaslu Kecamatan untuk bersama-sama dengan pemerintah desa menentukan zona pemasangan alat peraga kampanye dan menindaklanjuti temuan panwas atas pelanggaran apk yang berbasis desa tersebut. (Hupmas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: