Relawan Demokrasi Muncul karena Persepsi Negatif Pemilu

Graphic1PURWOREJO– Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk KPU di seluruh Indonesia ini salah satu penyebabnya karena ada persepsi negatif masyarakat terhadap Pemilu. Perekrutan Relasi ini  merupakan terobosan baru yang dilakukan KPU. Hal itu diungkapkan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Antar-Lembaga KPU Jateng Wahyu Setiawan, S.Sos, M.Si saat memberikan pembekalan pada acara Pembekalan Relasi di Aula KPU Purworejo, Kamis (14/11).

“Persepsi masyarakat terhadap Pemilu itu ada yang negatif. Relawan Demokrasi itu dibentuk karena ada yang negatif di Pemilu. Subtansinya karena  ada apatisme politik dan persepsi negatif  terhadap Pemilu,” ujar Wahyu. Menurut Wahyu, Relawan Demokrasi menjadi penting karena berhadapan dengan persepsi masyarakat yang apatis terhadap Pemilu. Relawan Demokrasi bertujuan mengerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu.

“Relasi itu kawannya rakyat. KPU pelayannya rakyat, untuk membantu rakyat menggunakan hak pilihnya,” imbuh Wahyu. Ditambahkan, dari identifikasi masalah, dari Pemilu ke Pemilu trendnya menunjukkan partisipasi pemilih menurun. “Kita punya kewajiban untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu. Partisipasi menjadi penting, sebab Pemilu tanpa partisipasi masyakarat menjadi tidak punya makna  apa-apa,” tambahnya.

Sementara itu memasuki hari kedua pembekalan, Divisi Sosialisasi KPU Purworejo Purnomosidi, S.Pt memberikan pembekalan terhadap Relasi dengan metode FGD (Forum Gorup Disscusion) untuk menajamkan pemahaman materi hari pertama dan pengayaan strategi lapangan.

“Dengan penajaman materi menggunaan metode FGD ini relawan demokrasi diajak untuk fokus pada permasalahan seputar Pemilu dan belajar memahami situasi kondisi sosial masyarakat yang sedang terjadi khususnya dalam menghadapi 5 segmen masyarakat yang menjadi agenda utama peningkatan partisipasi pemilu,” jelas Purnomosidi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: