Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik

Purworejo, Senin 29 Oktober 2012 segenap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo dan jajaran sekretariat mengadakan Rapat Koordinasi (rakor) Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik. Rakor di aula KPU tersebut dipimpin oleh Handoko A.s, S.Sos selaku anggota KPU divisi Hukum, didampingi Ketua KPU juga ketiga anggota lain.

Disampaikan oleh Handoko bahwa kewajiban kita dalam verifikasi faktual parpol adalah meliputi verifikasi faktual kepengurusan, pemenuhan keterwakilan perempuan yakni 30 persen, domisili secara legal kantor, juga keanggotaan parpol. “Saat ini KPU pusat telah menetapkan enam belas (16) parpol yang lolos seleksi administrasi, adapun yang tidak lolos ada delapan belas (18) parpol” terang Handoko.

 Sebanyak 16 parpol tersebut antara lain Partai Nasdem, PDIP, PKB, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, PAN, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan Partai Persatuan Nasional (PPN).

Sementara 18 parpol yang tidak lolos yakni Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Kongres, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Karya Republik (Pakar), Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Buruh, Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Republika Nusantara (Republikan), Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Republik, Partai Kedaulatan, Partai Bhinneka Indonesia (PBI) dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI).

Ditambahkan lagi bahwa di KPU Kabupaten Purworejo hanya ada 15 parpol yang akan diverifikasi faktual. “dari 15 parpol yang akan diverifikasi faktual dengan diambil sampel sebesar 10%, maka total anggota parpol yang akan kita temui adalah sebanyak 2.016 orang” imbuhnya.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo, H. Muslikhin Madiani, M.Si memberikan saran terkait jadwal verifikasi faktual. “bahwa jadwal verifikasi faktual tersebut akan berbarengan dengan jadwal perekrutan anggota PPK untuk Pilgub JATENG 2013, maka perlu diperhatikan personil yang akan turun ke lapangan dan personil yang harus di kantor untuk kegiatan tersebut juga kegiatan rutin lain seperti keuangan”, terangnya.

Dalam rapat tersebut terbentuk Tim verifikator KPU Kabupaten Purworejo yang dibagi dalam 5 kelompok, pembagian tersebut berdasar wilayah atau dapil di purworejo. Rapat tersebut juga dipaparkan cara pengambilan sampel dengan rumus dari excel dan praktek langsung mencari nama-nama tersampling dalam daftar nama dari parpol. (KW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: