Workshop Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula

Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Pemilih Pemula) pada Pemilu dan Pemilukada Melalui Peran Strategis Guru PKn Tingkat SLTA Kabupaten Purworejo menjadi tema workshop yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purworejo, di Hotel Plaza Purworejo, Rabu 4 Juli 2012.

Workshop dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, mengundang sejumlah Guru PKn Tingkat SLTA di Kabupaten Purworejo, sebanyak 40 (empat puluh) peserta. “KPU Kabupaten Purworejo memandang Guru PKn memiliki peran yang strategis sebagai pemberi informasi terkait dengan kepemiluan kepada pemilih pemula dalam hal ini siswa SLTA juga merupakan momentum penting dan awal terbinanya kemitraan antara KPU Kabupaten Purworejo sebagai penyelenggara pemilu dengan pihak sekolah khususnya Guru PKn”, kata Ketua KPU H. Muslikhin Madiani pada acara pembukaan workshop tersebut.

Bertindak sebagai narasumber yaitu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Drs. Bambang Aryawan, M.M dan Drs. Andreas Pandiangan, M.Si anggota KPU Provinsi Jawa Tengah. Lewat paparannya yang berjudul ‘pembangunan Karakter Melalui Pemilihan Umum’ dan ‘Nasionalisme di Era Global’, Bambang Aryawan mengingatkan akan pentingnya semangat nasionalisme dan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar, “Yang perlu kita lakukan sekarang,sebagai orang tua, adalah menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh contohnya mencintai produk-produk dalam negeri, serta menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya kepada anak didik kita”, paparnya. Disamping itu pula, penting adanya upaya membangun karakter, utamanya kepada para pelajar, “contoh pendidikan karakter tersebut diantaranya melalui keikutsertaan secara aktif dalam memberikan hak suaranya dalam event pemilu, dari sana mereka juga akan belajar bertanggung jawab dalam demokrasi”, imbuhnya.

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Andreas Pandiangan, M.Si melalui paparan berjudul ‘Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada: Implementasi Substansi dan Prosedural Demokrasi Lokal’, memaparkan tentang peran penyelenggara pemilu dalam proses penyelenggaraan pemilu juga kegiatan sosialisasi dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih masyarakat. “peran kami, Komisi Pemilihan Umum dalam pemilu yakni memastikan bahwa proses pemilu dan pemilukada sesuai dengan regulasi dan kode etik penyelenggara, juga bertanggung jawab mengawal hak pilih masyarakat”, terangnya. Kemudian untuk memaksimalkan kegiatan sosialisasi khususnya kepada pemilih pemula atau pelajar tingkat SLTA pihaknya telah menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), khususnya PKn di seluruh Jawa Tengah, yang dinilai punya peran strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula yang mayoritas pelajar SLTA/MA/SMK.

Workshop tersebut juga diisi dengan kegiatan diskusi dalam kelompok, yang dipandu oleh Ir. Bambang Setyoko selaku moderator dan anggota KPU Kab. Purworejo divisi sosialisasi. KPU Kabupaten Purworejo membagikan lembar kerja, dan setelah didiskusikan dalam kelompok masing-masing dan dipaparkan dalam workshop, dapat diambil kesimpulan bahwa pemilih pemula dalam hal ini pelajar SLTA dalam pengamatan Guru PKn sangat antusias ketika avent pemilu datang, meskipun pemahaman terhadap pemilu dirasa masih kurang, terlihat ketika digelarnya kampanye oleh parpol, pun pula ketika event demokrasi lokal seperti Pilkades. Masukan untuk KPU adalah untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi secara berkesinambungan bukan hanya menjelang pemilu saja, pemberian modul tentang kepemiluan kepada Guru PKn, juga bentuk sosialisasi yang menarik lainnya seperti lomba cerdas cermat pemilu, lomba disain poster kepemiluan dan lain sebagainya. Pada kesempatan tersebut dipaparkan oleh Bambang Setyoko bahwa telah diadakan pencermatan terhadap alasan ketidakhadiran pemilih pada Pilkada Purworejo Tahun 2010 lalu, dan prosentase merantau adalah cukup tinggi disamping faktor lain seperti meninggal dunia dan sakit. (KW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: