Diskusi Publik bertema “Proyeksi Penguatan Demokrasi Menjelang Pemilu 2014”

Purworejo, Selasa, 25 Oktober 2011 KPU Kab. Purworejo bekerjasama dengan Kantor Kesbangpol Linmas Kab. Purworejo dan FORLAP (Forum Lintas Partai) Purworejo mengadakan acara diskusi publik yang mengusung tema “Proyeksi Penguatan Demokrasi Menjelang Pemilu 2014”. Acara yang berlangsung di Pendopo Kab. Purworejo ini menghadirkan beberapa narasumber, yakni Hadar Nafis Gumay (CETRO), M. Fajar Subhi A.K. Arif, SH.,MH (Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah), Joko Santosa Raharjo, SH, MM (Badan Kesbangpol Linmas Provinsi Jawa Tengah), juga Sudarnoto WU, S.IP (DPRD Kab. Purworejo). Turut diundang MUSPIDA Kab. Purworejo, Parpol, Camat Se-Kab. Purworejo, dan Dinas terkait, KPU di Ex. Karesidenan Kedu, akademisi, juga tokoh agama.

Setelah dibuka oleh Bupati Purworejo, acara diskusi dipandu oleh Ketua KPU Kab. Purworejo H. Muslikhin. Narasumber yang berkesempatan memberikan paparan pertama yakni Hadar N Gumay dari CETRO (Centre for Elektoral Reform). Hadar mensikapi tentang UU Penyelenggara Pemilu yang baru, UU Nomor 15 Tahun 2011. Menurutnya dalam UU tersebut akan mengakibatkan perjalanan penyelenggaran pemilu akan dipenuhi dengan tarik menarik kepentingan yang tampil diantara penyelenggaranya, “UU ini akan membuka ruang campur tangan langsung orang parpol dalam proses penyelenggaraan pemilu” tandasnya. Terdapat pasal problematik tentang persyaratan menjadi calon anggota KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/ Kota pada Pasal 11 butir i: mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan BUMN/ BUMD pada saat pendaftaran. “Penyelenggara seperti ini akan sulit bekerja netral dan tidak partisan. Akan sulit bekerja mandiri” imbuhnya lagi.

M. Fajar Subhi A.K. Arif memberikan paparan yang diberi judul Beberapa Catatan Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Kemudian paparan dari Joko Santosa Raharjo, SH, MM, yang memaparkan tentang Peran Parpol dalam Berbangsa dan Bernegara. Dan yang terakhir oleh Sudarnoro WU, S.IP, Demokratisasi Pemilu yang Bermutu.

Sesi diskusi lebih komunikatif, penanya dari unsur Parpol juga dari penyelenggara Pemilu sendiri. Diskusi berjalan hingga pukul 13.00 WIB, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari panitia diskusi publik kepada narasumber yang hadir.

2 Tanggapan

  1. ijin share di buletin internal kpu kab magelang ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: