Sosialisasi Di Irama FM Purworejo

Oleh:
Staff Humas Sekretariat KPU Kab. Purworejo, April 2010

Topik Bakal Pasangan Calon Perseorangan di Sosialisasikan di Irama FM Purworejo


Purworejo, Selasa 6 April 2010 tepatnya pukul 09.30 WIB anggota KPU Kab. Purworejo divisi Sosialisasi Ir. Bambang Setyoko melakukan sosialisasi tahapan Pilbup Kab. Purworejo Tahun 2010 di Radio Irama FM Purworejo, dengan mengetengahkan topik “Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pada Pilbup Dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2010”.

Selama kurang lebihnya satu jam, banyak pertanyaan dari pewawancara mengenai syarat dukungan calon perseorangan. Menjawab pertanyaan kapan syarat dukungan harus sudah diserahkan ke KPU atau PPS serta ketentuan dukungan, Ir. Bambang Setyoko mengatakan bahwa penyerahkan dokumen dukungan calon perseorangan dalam bentuk hardcopy dan softcopy kepada KPU Kab. Purworejo dalam waktu paling lambat 21 (dua puluh satu) hari sebelum pendaftaran bakal pasangan calon untuk penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kab. Purworejo (berdasarkan pasal 19 ayat 2 PER KPU nomor 68 tahun 2009).

Adapun ketentuan mengenai dokumen dukungan terhadap bakal calon perseorangan yakni dalam bentuk antara lain :

1)     Surat pernyataan memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon yang ditandatangani atau cap jempol oleh pendukung secara kolektif atau individu terhadap bakal pasangan calon, yang diketahui dan atau disetujui oleh bakal pasangan calon di atas kertas bermaterai cukup atau kertas segel, dengan menggunakan formulir Model B 1-PKWK-KPU;

2)     Fotokopi KTP atau surat keterangan identitas kependudukan lainnya yang sah dikeluarkan oleh sekurang-kurangnya lurah/kepala desa atau sebutan lainnya dari masing-masing pendukung;

3)     Surat keterangan tanda penduduk yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang sebagaimana dimaksud pada angka 2) bagi masing-masing penduduk yang belum memiliki KTP, dan tidak dikeluarkan secara kolektif dalam satu dokumen surat keterangan  kependudukan untuk sejumlah pendukung.

Ditambahkan pula mengenai dokumen dukungan calon perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), dibuat dalam rangkap 3 (tiga), dengan ketentuan :

  1. 1 (satu) rangkap diserahkan kepada KPU Kabupaten Purworejo;
  2. 1 (satu) rangkap dan fotocopy KTP pendukung untuk disampaikan kepada PPS; dan
  3. 1 (satu) rangkap untuk arsip yang bersangkutan.

Selanjutnya muncul pertanyaan bilamana dukungan tidak memenuhi syarat, dijawab oleh Ir. Bambang Setyoko, syarat dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat, apabila :

  1. Pendukung menarik kembali dukungan yang telah diberikan kepada pasangan calon tertentu;
  2. Berupa dukungan ganda;
  3. dalam surat dukungan terdapat nama dan tanda tangan pendukung, dan berisi lampiran identitas kependudukan yang sudah tidak berlaku lagi. Identitas kependudukan tidak berlaku, jika masa berlaku identitas kependudukan tersebut telah berakhir sebelum batas terakhir hari penyerahan dukungan sesuai dengan jadwal;
  4. dalam surat dukungan tidak terdapat tanda tangan atau cap jempol pendukung;
  5. ditemukan fakta fotokopi identitas kependudukan, dalam bentuk sebuah nomor kartu tanda penduduk atau nomor surat domisili ditemukan sama berulang-ulang dengan nama pendukung yang berbeda-beda.
  6. Surat dukungan kolektif tidak berisi meterai, maka seluruh dukungan dalam satu berkas dokumen tersebut tidak memenuhi syarat administrasi.
  7. Surat dukungan kolektif tidak berisi tanda tangan asli pasangan calon atau salah satu bakal calon;
  8. dalam surat dukungan terdapat nama dan tanda tangan pendukung, tetapi tidak berisi lampiran identitas kependudukan, nama pendukung tersebut dicoret dan tidak memenuhi syarat administrasi dukungan.
  9. antara nama pendukung dalam lembar dukungan berbeda dengan nama yang tertera dalam fotokopi identitas kependudukan;
    1. Fotokopi identitas kependudukan yang digunakan pendukung beralamat desa/ kelurahan yang berbeda dengan lokasi PPS tempat dukungan itu diverifikasi (berdasarkan pasal 21 ayat 2 PER KPU nomor 68 tahun 2009).

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: